Kamis, 18 November 2010

Jenis Ikan Koki


Pearl Scale (Sisik Mutiara): Bentuk tubuh maskoki ini bulat seperti bola pingpong. Ciri khas maskoki ini adalah sisik tubuhnya yang menonjol seperti rentetan buah jagung dan warna sisiknya berkilau seperti mutiara dan berasal dari Jepang dengan nama panggillan Chinsurin.

Ranchu:Merupakan salah satu Maskoki populer di dunia karena warna paling bervariasi dan bentuknya gempal seperti telur. Tubuhnya membungkuk, di bagian muka ditutupi jambul, dan tidak memiliki sirip punggung. Ikan mas koki sering disebut sebagai "raja ikan mas" oleh orang Jepang. Ranchu adalah hasil dari percobaan perkimpoian silang yang berbeda dari Lionhead Cina. 
Black Moor: Salah satu maskoki yang banyak di pelihara oleh hobiis, berwarna hitam pekat dan matanya besar. Menurut kepercayaan orang Cina black moor dapat menolak bala atau kesialan pada pemiliknya. Serta dapat mngusir roh halus yang berada diruangan.






Bubble Eyes (mata balon): Merupakan maskoki yang paling unik di dunia, bentuk tubuhnya panjang seperti ikan mas, tetapi pada masing-masing mata terdapat kantong seperti balon yang membuat ikan ini betuknya unik. Spesies ikan mas koki unik yang berasal dari Cina ini punya mata yang menunjuk ke atas dan 2 kantung besar berisi cairan, ikan ini juga tidak punya sirip di punggungnya, ikan mas ini bisa tumbuh 6 -8 inchi.
Crown Pearl Scale (Sisik Mutiara Berjambul): Merupakan maskoki yang memiliki bentuk tubuh seperti pearl scale biasa, hanya yang membuat sedikit beda ada pada bagian kepala terdapat jambul yang bentuknya seperti seperti balon.




Black Oranda: Ikan ini juga merupakan salah satu yang paling banyak dipelihara oleh para hobiis maskoki dan termasuk jenis koki tertua di dunia, bentuk tubuhnya bulat panjang dengan ekor panjang dan membuka lebar. punggungnya datar dan memiliki sirip punggung, ada kepala terdapat jambul.



Red Cap Oranda: Ikan ini termasuk ikan yang populer di dunia. bentuknya mirip dengan maskoki Oranda, hanya seluruh warna tubuhnya berwarna putih dan memiliki jambul merah di atas kepalanya, ikan mas koki unik dari Cina dan Jepang, dicirikan oleh tudung seperti raspberry dikepalanya. Ikan mas koki ini sangat terkenal di seluruh dunia,dan punya badan besar dengan 4 ekor panjang

Telescope eyes: Maskoki ini bentuk tubuhnya gempal, punggung agak bungkuk dihiasi sirip punggung. ekornya panjang dan berujung transnparan. Ciri khas maskoki ini adalah pada bentuk matanya yang menonjol seperti telescope.  Spesies ini punya mata yang besar dan unik, variasi ini berwarna merah, merah-putih, belacu, hitam-putih, coklat, biru, lavender, cokelat-dan-biru dan warna hitam.
Mereka mungkin juga kadang punya sisik metalik. Walau matanya besar, penglihatannya buruk dan lebih baik tidak dicampur 1 akuarium dengan jenis lain yang lincah dan ditempatkan di akurium tanpa benda lancip. 

Celestial Eye: Salah satu ikan mas koki aneh yang berasal dari Cina dan Korea.Mata ikan mas ini seperti mata ikan mas telescope,tapi mengarah keatas. Tubuh ikan ini berbentuk seperti torpedo,dan tak punya sirip atas punggungnya.





Lionchu:Ikan mas koki unik ini adalah ikan mas yang tidak memiliki sirip atas dari Thailand. Ikan ini termasuk hasil dari perkimpoian silang antara lionheads dan ranchus. Memiliki tubuh yang besar, lebar dan melengkung ke belakang serta memiliki kepala yang besar.



Calico/Nacreous: Ikan mas koki bernama Calico atau Nacreous ini mempunyai percampuran sisik warna metalik dan transparan yang menimbulkan kesan mutiara.
Calico bisa tumbuh sampai 12 inchi. Coraknya terdiri dari bercak-bercak merah, kuning, abu-abu dan hitam bersama bercak gelap dan biru.



Pompom/Hanafusa: Ikan ini merupakan ikan yang unik karena mempunyai daging yang tumbuh seperti pom pom di sekitar hidungnya, badannya seperti lionhead, tapi yang tumbuh adalah hidungnya, kadang malah ada daging yang tumbuh sampai melewati bawah rahangnya.





Butterfly Goldfish: Ikan ini indah dan menggemaskan tetapi langka, Jikin diyakini dari Jepang. Ciri yang paling menonjol adalah ekor yang memiliki bentuk X.ekor kupu kupunya memiliki panjang khas, berbentuk cerutu atau torpedo. Tubuh yang putih dengan bibir,sirip dan insang merah.dapat tumbuh sampai 9 inci. Nama lainnya adalah ekor Merak dan Rokuri


Tosakin: Ikan tosa ini biasanya dipelihara di kolam, karena keindahannya akan tampak jika di lihat dari atas. Keunggulan maskoki ini terdapat pada sirip ekornya yang panjang dan melebar melebihi panjang tubuhnya sendiri.






Ryukin: Ikan hasil budidaya di Jepang ini bentuk tubuhnya bulat gempal. bersirip punggung tinggi dan berekor panjang. Keunikannya terletak pada bentuk tubuh bulat dan sirip ekor terangkat tinggi mirip ekor burung merak. Jika dipandang dari belakang ekornya berbentuk huruf X. Ikan mas koki berwarna cerah dan menarik dari Jepang ini punya sirip yang besarnya 2 kali panjang tubuhnya, moncongnya juga lancip dan punggungnya bungkuk. Ryukin punya warna seperti merah marun, merah-putih, putih, metalik dan warna belacu. Ikan ini dapat mencapai hingga 8 inci atau 21 cm.
Nama julukan lainnya adalah Ribbontail Jepang,Fringetail,Fantail atau Veiltail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar